Setiap anak adalah individu yang unik dengan potensi besar untuk berkembang. Oleh karena itu, kami menyediakan layanan inklusi yang dirancang untuk mendukung kebutuhan pendidikan khusus secara holistic dan inklusif.
Layanan inklusi di Al Kamil adalah program khusus yang dirancang untuk membantu anak-anak dengan kebutuhan pendidikan khusus (ABK) agar mereka dapat belajar dan tumbuh bersama teman teman mereka dalam lingkungan yang suportif. Program ini mencakup:
Berdasarkan rekomendasi ahli dan hasil Tes saat proses penerimaan
Siswa yang termasuk di dalamnya merupakan siswa dengan kategori ABK yang belum siap, baik secara kemandirian maupun kemampuan akademis, sosial, dan komunikasi untuk bergabung dengan siswa reguler.
Siswa yang termasuk di dalamnya merupakan siswa dengan kategori ABK yang cukup siap, baik secara kemandirian maupun kemampuan akademis, sosial, dan komunikasi untuk bergabung dengan siswa reguler.
Cluster A | Cluster B | |
---|---|---|
Jenis Layanan | - Peer Grup: Bersama teman-teman di cluster Bersama teman-teman di kelas regular - Face to Face: Individu bersama dengan guru pembimbing khusus | - Peer Grup: Bersama teman-teman di kelas reguler - Face to Face: Individu bersama dengan guru pembimbing khusus |
Program | - Melakukan kegiatan pembelajaran di kelas center bersama dengan guru pendamping khusus. - Mengikuti kegiatan bersama dengan teman-teman di kelas reguler pada kegiatan morning activity, snack time, makan siang, PTQ dan olah raga. - Melakukan pembelajaran Quran bersama dengan kelompok reguler. - Kepulangan siswa Cluster A disesuaikan dengan kepulangan level kelas pada siswa reguler. - Mengikuti kegiatan EFT pada kelas reguler dan EFT khusus siswa Cluster A. - Turut mengikuti kegiatan pada kelas reguler, hanya saja disesuaikan dengan kemampuan siswa. | - Melakukan kegiatan pembelajaran di kelas reguler. - Mendapatkan layanan pembelajaran khusus bersama dengan guru pendamping sebanyak 3 kali dalam 1 pekan pada pembelajaran Matematika dan Bahasa Indonesia. - Kepulangan siswa Cluster B disesuaikan dengan kepulangan level kelas pada siswa reguler. Mengikuti kegiatan semua kegiatan pada kelas reguler. |
Rasio Murid & Siswa | Setiap 1 guru pendamping akan mendampingi 2 siswa Cluster A (1:2) Khusus siswa Cluster A dengan kategori berat maka akan didampingi oleh 1 guru pendamping khusus (1:1) | Setiap 1 guru pendamping mendampingi 1 siswa Cluster B ketika layanan berlansung. |
Kegiatan yang bertujuan mengajarkan siswa cluster A untuk makan menulengkap (Karbohidrat, protein, sayur dan buah)
Kegiatan yang bertujuan mengajarkan siswa untuk melakukan kegiatan membeli suatu barang
Kegiatan yang bertujuan mengajarkan siswa untuk dapat melakukan kegiatan berdagang atau menjual suatu barang
Bertujuan memberikan reward atas kerjasama siswa dalam kegiatan jual & beli. Kegiatan ini menggunakan uang yang didapatkan dari kegiatan CenterPreneur
Bertujuan melatih kemampuan siswa dalam melakukan kegiatan memasak bersama dan menjualnya
Bertujuan melakukan kegiatan pembelajaran diluar sekolah yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa
Setiap kegiatan dirancang untuk mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Berikut adalah jadwal harian layanan inklusi kami untuk bulan Januari 2025:
Kami mengundang Anda untuk menjadi bagian dari komunitas inklusif kami. Bersama, kita dapat membantu anak-anak tumbuh
menjadi generasi Qur’ani yang cerdas, kreatif, dan penuh akhlak mulia.