Pendahuluan
A. Latar Belakang
Di masa pancaroba saat ini kita harus terus menjaga stamina dan meningkatkan imunitas tubuh yaitu dengan mengonsumsi lebih banyak buah dan sayur agar tetap sehat dan terhindar dari penyakit. Kita punya banyak buah-buahan khas Indonesia yang mudah diperoleh, terjangkau harganya, mengandung banyak vitamin yang menyehatkan tubuh.
Dengan mengonsumsi buah, kita bukan saja menambah asupan gizi di masa pancaroba tapi juga untuk membantu petani-petani buah kita agar para petani buah makin bersemangat, makin produktif, dan makin sejahtera. Para pelaku usaha buah juga akan semakin berkembang, sehingga ekosistem usaha buah nasional bergerak semakin maju.
Berdasarkan latar belakang tersebut saya memilih judul pada karya tulis ilmiah “Manfaat buah segar untuk tubuh”
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah maka rumusan masalah dari peelitian ini adalah:
- Apa manfaat buah segar bagi tubuh?
- Mengapa kita harus mengkonsumsi buah segar?
C. Hipotesis
Berdasarkan rumusan masalah tersebut, maka hipotesis dari penelitian ini adalah:
- Buah sangat bermanfaat bagi tubuh, selain untuk menyegarkan
- Kita megkinsumsi buah agar tubuh menjadi sehat
D. Tujuan Penelitian
Tujuan dari penelian ini mencari akar masalah dari rendahnya komsumsi buah di SDIT Al Kamil dan menemukan solusi guna meningkatkan komsumsi buah dalam menu makanan harian murid-murid SDIT Al Kamil.
Selain itu juga tugas penelitian ini adalah sebagai bentuk penyelesaian tugas akhir siswa SDIT Al Kamil.
E. Manfaat Penelitian
Penelitian ini dilakukan untuk melihat seberapa besar konsumsi makan buah di kalangan siswa SDIT Al Kamil, dalam hal ini mengambil sampel dari murid kelas VI Damaskus. Selain itu juga untuk melihat seberapa banyak kebermanfaatan makan buah bagi para siswa tersebut dalam aktifitas kehidupannya sehari-hari. Dengan penelitian karya tulis ilmiah ini di harapkan bisa membangkitkan kembali minat para siswa SDIT Al Kamil untuk mengkonsumsi buah sebagai makanan sehat yang berguna bagi tubuh mereka dan juga menjadi solusi bagi rendahnya tingkat komsumsi buah di kalangan murid SDIT Al Kamil dan untuk seluruh masyarakat Indonesia pada umumnya.
Kajian Pustaka
A. Buah
Buah adalah hasil reproduksi antara putik dan serbuk sari pada tumbuhan. Buah termasuk organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan.
B. Makanan Sehat
Makanan sehat adalah makanan yang seharusnya mengandung beragam nutrisi dan merupakan menu yang terdiri atas makanan yang kaya akan gizi seimbang yang dibutuhkan tubuh.
C. Sehat
Sehat adalah keadaan sehat baik secara fisik, mental, spiritual, maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
D. Alergi Buah
Alergi buah adalah kondisi saat tubuh seseorang menganggap zat yang terkandung dalam buah tersebut berbahaya, sehingga menimbulkan reaksi alergi berupa gatal-gatal atau bengkak setelah mengonsumsinya. Zat ini juga biasa disebut sebagai alergen.
Metode Penelitian
A. Tempat, waktu penelitian, dan pihak yang membantu
- Tempat Penelitian.
Penelitian ini dilakukan di SDIT Al Kamil dan rumah penulis di Jl. Kemang Dalam 3 RT 02 RW 02 No. 85 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos, Kota Depok. - Waktu Penelitian.
Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 8 Desember 2023 sampai dengan Januari 2024 - Pihak Yang Membantu.
Penelitian ini dibantu oleh ibu Lilis Dariati, S.Mn., S.Pd sebagai pembimbing materi, dan ibu Ernawati sebagai pembimping teknis.
B. Metode Penelitian.
Penulisan karya ilmiah ini dilakukan dengan metode kualitatif dimana metode penelitian ini berfokus pada analisa dan pendeskripsian terhadap suatu masalah. Dalam melakukan analisa penulis membuat kuosioner/ angket yang disebar kepada seluruh murid kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil baik laki-laki maupun perempuan.Pelaksanaan penyebaran angket atau kuesioner itu sendiri dilakukan dalam satu hari yaitu pada tanggal 8 Desember 2023 terhadap 26 anak yang hadir di sekolah pada hari itu.
Hasil dari kuosioner ini nantinya akan menemukan akar masalah dari rendahnya konsumsi makan buah di kalangan siswa SDIT Al Kamil dan diharapkan dapat menemukan solusi dalam meningkatkan konsumsi makan buah bagi para siswa.
Penelitian ini juga mengambil berbagai sumber refrensi yang bersumber dari media internet untuk mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan aturan konsumsi buah perharinya, ukuran standar kebutuhan harian buah per orang per harinya, kebiasaan makan buah orang Indonesia pada umumnya. Kebermanfaatan makan buah bagi kesehatan, dan lain-lain.
C. Langkah-langkah Penelitian
Langkah-langkah penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut:
- Menyiapkan pertanyaan untuk angket
Dalam menentukan pertanyaan yang akan diajukan kepada responden, penulis membaginya dalam beberapa point, diantaranya :- Konsumsi buah/hari
- Kesukaan akan buah baik lokal atau impor
- Faktor penyebab ketidaksukaan akan buah
- ketersediaan buah dan kebiasaan makan buah di keluarga responden
- Kebiasaan makan buah secara langsung atau dalam bentuk olahan
- Pemahaman kebermanfaatan makan buah bagi kesehatan
- Mencari narasumber
Narasumber yang menjadi responden dari kuesioner/angket ini adalah seluruh siswa kelas 6 Damaskus SDIT Al Kamil dan merupakan teman sekelas dari penulis. - Narasumber mengisi angket.
Pelaksanaan penyebaran angket dilakukan pada tanggal 8 Desember 2023 pada saat jam istirahat, dengan membagikan kuesioner/angket langsung kepada para murid. Hasil pengisian mereka lansung dikumpulkan pada hari yang sama pada saat sebelum jam pelajaran berakhir. - Menuliskan hasil angket
Hasil angket kemudian di hitung dan di analisa.
Hasil dan Pembahasan
A. Hasil Penelitian
Penelitian tentang minat makan buah ini dilakukan karena melihat kebiasaan makan buah yang ada di kalangan para siswa SDIT Al Kamil kelas 6 Damaskus. Kebiasaan makan buah ini bisa disimpulkan dengan melihat pola makan buah dan kebiasaan makan buah perharinya dari para siswa tersebut.
Penelitian dimulai dengan membagikan kuesioner yang berisi 30 pertanyaan tentang kebiasaan makan buah dari para siswa SDIT Al Kamil kelas VI Damaskus. Adapun pertanyaan yang diajukan diantaranya:
- Apakah kamu suka makan buah?
- Apakah kamu makan buah tiap hari?
- Apakah kamu mengerti arti buah impor?
- Apakah kamu mengerti arti buah lokal?
- Apakah kamu tahu buah-buahan impor?
- Apakah kamu tahu buah-buahan lokal?
- Apakah kamu lebih menyukai buah-buahan impor?
- Apakah kamu lebih menyukai buah-buahan lokal?
- Apakah suka buah impor dan juga buah lokal?
- Apakah kamu tidak menyukai buah?
- Apakah kamu tahu manfaat makan buah?
- Apakah kamu pernah punya pengalaman tak menyenangkan dengan buah?
- Apakah kamu pernah mencoba untuk menyukai buah?
- Apakah kamu tahu buah-buahan yang baik dan layak untuk di komsumsi itu seperti apa?
- Apakah di rumahmu selalu ada buah?
- Jika kamu suka buah apakah kamu pernah merasakan manfaat makan buah?
- Apakah kamu sering batuk pilek selama satu tahun ini?
- Apakah sering mudah lelah dan mudah sakit?
- Apakah kamu riwayat penyakit khusus?
- Apakah kamu punya riwayat alergi khusus?
- Apakah orangtuamu pernah memaksamu makan buah?
- Apakah orangtuamu juga menyukai buah?
- Apakah dikeluargamu juga ada yang tidak suka buah?
- Apakah semua anggota keluargamu menyukai buah?
- Apakah ada anggota keluargamu yang hanya menyukai buah Tertentu saja?
- Apakah anggota keluargamu menyukai semua buah?
- Apakah kamu tau jenis makanan yang mengunakan buah dalam olahannya?
- Apakah kamu menyukai buah yang dimakan dam bentuk olahan?
- Apakah kamu lebih menyukai makan buah dalam bentuk olahan daripada dalam bentuk langsung?
- Apakah lebih menyukai makan buah dalam bentuk olahan daripada dalam bentuk langsung?
Adapun hasil dari kuesioner/angket yang sudah disebar tersebut, bisa di lihat di tabel di bawah ini :
| No. | Pertanyaan | Total anak | |
| Ya | Tidak | ||
| 1. | Apakah kamu suka makan buah ? | 25 | 1 |
| 2. | Apakah kamu makan buah tiap hari ? | 9 | 17 |
| 3. | Apakah kamu megerti arti buah impor? | 25 | 1 |
| 4. | Apakah kamu mengerti arti lokal ? | 26 | 0 |
| 5. | Apakah kamu tahu buah-buahan Impor? | 23 | 3 |
| 6. | Apakah kamu tahu buah-buahan lokal? | 24 | 2 |
| 7. | Apakah kamu lebih menyukai buah-buahan impor? | 23 | 3 |
| 8. | Apakah kamu lebih menyukai buah-buahan lokal? | 22 | 4 |
| 9. | Apakah suka buah impor dan juga buah lokal? | 23 | 3 |
| 10. | Apakah kamu tidak menyukai buah ? | 8 | 18 |
| 11. | Apakah kamu tahu manfaat makan buah? | 24 | 2 |
| 12. | Apakah kamu pernah punya pengalaman tak menyenangkan dengan buah? | 15 | 11 |
| 13. | Apakah kamu pernah mencoba untuk menyukai buah? | 24 | 2 |
| 14. | Apakah kamu tahu buah-buahan yang baik dan layak untuk di konsumsi itu seperti apa? | 25 | 1 |
| 15. | Apakah di rumahmu selalu ada buah ? | 16 | 10 |
| 16. | Jika kamu suka buah apakah kamu merasakan manfaat makan buah? | 26 | 0 |
| 17. | Apakah kamu sering batuk dan pilek selama satu tahun ini? | 18 | 8 |
| 18. | Apakah sering mudah lelah dan mudah sakit? | 15 | 11 |
| 19. | Apakah kamu punya riwayat penyakit khusus? | 11 | 15 |
| 20. | Apakah kamu punya riwayat alergi pada buah? | 5 | 21 |
| 21. | Apakah orangtuamu pernah memaksamu makan buah ? | 6 | 20 |
| 22. | Apakah orangtuamu juga menyukai buah ? | 16 | 10 |
| 23. | Apakah di keluargamu juga ada yang tidak menyukai buah? | 10 | 16 |
| 24. | Apakah semua anggota keluargamu menyukai buah? | 21 | 5 |
| 25. | Apakah ada anggota keluargamu yang hanya menyukai buah tertentu saja? | 13 | 13 |
| 26. | Apakah anggota keluargamu menyukai semua buah? | 15 | 11 |
| 27. | Apakah kamu tahu jenis makanan yang menggunakan buah dalam olahannya? | 20 | 6 |
| 28. | Apakah kamu menyukai buah yang dimakan dalam bentuk olahan ? | 21 | 5 |
| 29. | Apakah kamu lebih menyukai makan buah dalam bentuk langsung? | 22 | 4 |
| 30. | Apakah kamu lebih menyukai makan buah dalam bentuk olahan daripada dalam bentuk langsung? | 15 | 11 |
B. Pembahasan Hasil Penelitian
Dari hasil angket yang di sebarkan, dapat ditarik kesimpulan hampir seluruh siswa SDIT Al Kamil kelas VI Damaskus suka makan buah dan hanya beberapa orang saja yang tidak suka. Selain itu ada 16 orang anak yang selalu ada buah dirumahnya namun hanya 9 anak yang biasa makan buah tiap harinya. Walau 25 anak mengaku suka makan buah namun ada 8 anak yang tidak suka dan ada 2 anak yang tidak pernah mencoba suka makan buah.
Data angket juga menunjukan ada 16 anak yang orangtuanya suka makan buah dan 5 anak yang anggota keluarganya tidak suka makan buah. Lalu ada 6 anak yang dipaksa untuk sukan dan dan makan buah dan ada 5 anak yang punya riwayat alergi dengan buah tertentu. Separuh anak ada anggota keluarganya yang hanya suka buah tertentu saja, dan ada 11 anak yang keluarganya suka semua buah.
Semua anak dikelas VI Damaskus SDIT Al Kamil tahu manfaat makan buah untuk kesehatan mereka. Ada 18 anak yang sering batuk pilek selama 1 tahun ini dan 15 anak sering mudah lelah dan mudah sakit. Mereka juga paham buah yang baik dan layak untuk di konsumsi seperti apa.
Ada 13 anak yang lebih suka makan buah yang sudah diolah dan hanya 4 anak yang tidak suka makan buah dalam bentuk langsung. Rata-rata anak tahu dan suka olahan makanan yang menggunakan buah sebagai bahan dasarnya.
Simpulan dan Saran
A. Simpulan
Kesimpulannya adalah siswa kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil hampir seluruhnya menyukai buah. Namun masih sedikit yang makan buah perharinya. Walaupun sebagian besar anak memiliki buah tiap harinya di rumah, tapi tidak menjadi menjamin rutinnya mereka makan buah perharinya.
Pemahaman mereka akan manfaat dari buah bagi kesehatan namun tidak menjadikan mereka mau makan buah tiap harinya. Kesukaan dan ketidaksukaan pada buah tertentu juga menjadi salah satu faktor enggannya para siswa makan buah.
Kebiasaan makan buah dari keluarga juga menjadi faktor lainnya yang menjadikan kurangnya makn buah pada anak-anak. Pola memaksakan anak untuk menyukai atau mau makan buah juga bisa menjadi pemicu anak enggan untuk makan buah.
Meski demikian alternatif pemberian makan buah dalam bentuk olahan bisa menjadi solusi lain untuk bisa di nikmati oleh anak-anak. Meski kandungan nutrisi dari buah itu sendiri tentunya akan berbeda dengan makan buah secara langsung.
B. Saran
Dari kesimpulan tadi kita bisa tau bahwa ada beberapa masalah pengaruh mengapa anak tidak mau makan buah. Saran agar anak mau sebagai berikut:
- Memberi anak buah yang disukai anak bisa menjadi alternatif agar anak mau untuk makan buah setiap hari.
- Jangan memberi pola memaksa kepada anak karena akan membuat anak tidak mau mengkonsumsi buah.
- Pemberian buah dalam bentuk olahan agar anak mau makan buah juga baiknya di imbangi dengan memberi masukan akan besarnya manfaat yang lebih dirasakan oleh anak jika buah di makan secara langsung.
- Mengenalkan beraneka ragam buah bisa menjadi cara lain membujuk anak mau makan buah.
Daftar Pustaka
https://dinkes.kulonprogokab.go.id/detil/639/biasakan-makan-buah
https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1593/manfaat-mengkonsumsi-buah-dan-sayur
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/tidak-suka-buah-sejak-kecil
https://lifestyle.okezone.com/read/2022/08/02/298/2640548/ternyata-ini-alasan-masyarakat-indonesia-malas-makan-sayur-dan-buah
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20170309192838-255-199108/orang-tua-jadi-penyebab-anak-susah-makan-sayur-dan-buah
https://indonesiabaik.id/infografis/biasakan-anak-makan-buah-sayur-1
https://hellosehat.com/alergi/makanan/alergi-buah