Pengaruh Sikap Displin terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil

Disusun Oleh

Dibimbing Oleh

Pendahuluan

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta    kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian, serta pelatihan. Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan peserta didik di dalam dan di luar sekolah.

Dalam kegiatan pembelajaran kita membutuhkan sikap disiplin. Disiplin adalah sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku dan merupakan bentuk pertanggung jawaban diri. Sikap disiplin sangat dibutuhkan di setiap aktivitas kita, baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat. Sikap disiplin sangat dibutuhkan sebab merupakan adab siswa dalam pembelajaran. Jika siswa tidak disiplin maka tidak fokus dan tidak paham akan materi pelajaran

Faktanya, sebagian siswa di SDIT AL Kamil yang saya amati, terutama di kelas VI belum mencerminkankan sikap disiplin. Hal ini dapat terlihat dari mengeluarkan baju di hari Senin dan Rabu, berkata kasar, jajan sepulang sekolah, bullying, dan sebagainya. Dalam pembelajaran, sikap belum disiplin dalam menyimak penjelasan guru, mengumpulkan PR serta tugas-tugas masih terlihat.

Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai sikap disiplin yang berjudul “Pengaruh Sikap Disiplin Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil”

B. Rumusan Masalah

Rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas, yaitu :

  1. Apa yang dimaksud pendidikan?
  2. Apa yang dimaksud sikap disiplin?
  3. Apa saja perilaku sikap tidak disiplin?
  4. Apakah sikap disiplin berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil?

C. Hipotesis

Berdasarkan rumusan masalah di atas, hipotesis penetilian ini adalah :

  1. Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian, serta pelatihan.
  2. Disiplin adalah sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang merupakan tanggung jawab diri sendiri.
  3. Tidak menyimak penjelasan guru, tidak mengerjakan tugas sesuai arahan
  4. Mungkin, sikap disiplin berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa

D. Tujuan Penelitian

Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:

  1. Untuk mengetahui hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan)
  2. Untuk mengetahui pengaruh sikap disiplin
  3. Untuk mengetahui dampak negatif dari sikap tidak disiplin
  4. Untuk mengetahui pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI Damaskus

E. Manfaat Penelitian

Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :

  1. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penulis untuk menjelaskan tentang pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar IPA siswa
  2. Mengimplementasikan ilmu dan teori yang sudah didapat selama bersekolah di SDIT Al Kamil
  3. Hasil penelitian diharapkan berguna untuk proses pembelajaran siswa-siswa Sekolah Dasar

Kajian Pustaka

A. Pengertian Sikap Disiplin

Menurut Agustin Sukses Dakhi, Kata “disiplin” berasal dari bahasa Latin “discipline” yang berarti latihan atau pendidikan kesopanan dan kerohanian serta pengembangan tabiat. (Deepublish, 2020)

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, disiplin adalah tata tertib, ketaatan atau kepatuhan pada peraturan tata tertib (KBBI, 2014).

Menurut Depdiknas, disiplin atau tertib ialah suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu, menurut pandangan ini disiplin sebagai sikap yang taat terhadap sesuatu yang menjadi kesepakatan atau telah menjadi ketentuan (Depdiknas, 2001)

Menurut Toto Asmara, Sikap disiplin adalah kecenderungan bertindak, berpersepsi, berpikir, dan merasa dalam keberadaan individu di tengah-tengah norma-norma yang ada di lingkungannya. Sikap disiplin belum menjadi perilaku, tetapi baru dalam bentuk tendensi atau kecenderungan berperilaku dengan cara tertentu terhadap objek tertentu apakah berupa orang, tempat, benda, gagasan, situasi, dan lain-lain (Gema Insani, 2001).

Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap disiplin adalah sikap sopan (adab), dan taat atau patuh terhadap peraturan tata tertib yang berlaku di lingkungannya, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.

B. Pengertian Hasil Belajar

Hasil belajar adalah kemampuan siswa yang diperoleh setelah kegiatan belajar (Nugraha, 2020). Hasil belajar adalah kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dan meliputi keterampilan kognitif, afektif, maupun psikomotor (Wulandari, 2021).

Pendapat dari Mustakim (2020) hasil belajar adalah segala sesuatu yang dicapai oleh peserta didik dengan penilaian tertentu yang sudah ditetapkan oleh kurikulum lembaga pendidikan sebelumnya. Dari beberapa pendapat diatas hasil belajar dapat diartikan sebagai hasil dari proses belajar mengajar baik kognitif, afektif, maupun psikomotor dengan penilaian yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran lembaga pendidikan.

Hasil belajar berkaitan dengan perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku dalam diri seseorang akibat pembelajaran yang dilakukanya, perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan bukan termasuk kedalam hasil belajar (Lestari, 2012).

Menurut Sudjana, 2005 dalam (Firmansyah, 2015) hasil belajar merupakan perubahan yang dimiliki oleh seseorang setelah melalui proses belajarnya.

Berdasarkan pendapat di atas, hasil belajar adalah perubahan kemampuan siswa yang diperoleh setelah kegiatan belajar. Hasil belajar berkaitan dengan perubahan pengetahuan, pemahaman sikap dari tingkah laku dalam diri seseorang dan  hasil belajar akan terlihat dari perubahan pemahaman dan sikap siswa ke arah yang lebih baik.

C. Pengertian IPA

Wahyana (Trianto, 2010: 136) mengatakan bahwa IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematik, dan dalam penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Perkembangannya tidak hanya ditandai oleh adanya kumpulan fakta, tetapi oleh adanya metode ilmiah dan sikap ilmiah.

Definisi IPA menurut Trianto (2014: 136) yaitu adalah suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam.

IPA merupakan cabang ilmu yang fokus kajiannya adalah alam dan proses-proses yang ada didalamnya (Ina Ftriyana, 2010 : 11). Pembelajaran IPA merupakan studi tentang manusia atau studi tentang masalah-masalah bagaimana manusia mengembangkan satu kehidupan yang lebih baik

Berdasarkan pendapat di atas, IPA adalah salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan gejala-gejala alam yang ditandai dengan adanya fakta, penggunaan metode ilmiah dan sikap ilmiah. Sikap Ilmiah adalah suatu sikap mampu menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar, bertindak dalam memecahkan suatu masalah secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah yang tidak mengenal putus asa serta dengan ketekunan juga keterbukaan. Contoh sikap ilmiah yaitu :

  • Sikap Ingin Tahu
    Sikap ingin tahu diwujudkan dengan selalu bertanya-tanya tentang berbagai hal. Mengapa demikian? Apa saja unsur-unsurnya? Bagaimana kalau diganti dengan komponen yang lain? Dan seterusnya (Suko Waspodo).
  • Sikap Kritis
    Sikap kritis direalisasikan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya, baik dengan jalan bertanya kepada siapa saja yang diperkirakan mengetahui masalah maupun dengan membaca sebelum menentukan pendapat untuk ditulis (Suko Waspodo).
  • Sikap Terbuka
    Sikap terbuka dinyatakan dengan selalu bersedia mendengarkan keterangan dan argumentasi orang lain (Suko Waspodo).
  • Sikap Objektif
    Sikap objektif diperlihatkan dengan cara menyatakan apa adanya, tanpa dibarengi perasaan pribadi (Suko Waspodo).
  • Sikap Rela Menghargai Karya Orang Lain
    Sikap rela menghargai karya orang lain diwujudkan dengan mengutip dan menyatakan terima kasih atas karangan orang lain, dan menganggapnya sebagai karya yang orisinal milik pengarangnya (Suko Wapodo).
  • Sikap Berani Mempertahankan Kebenaran
    Sikap berani mempertahankan kebenaran diwujudkan dengan membela fakta atas hasil penelitiannya (Suko Waspodo).
  • Sikap Menjangkau Ke Depan
    Sikap menjangkau ke depan dibuktikan dengan sikap futuristic, yaitu berpandangan jauh, mampu membuat hipotesis dan membuktikannya dan bahkan mampu menyusun suatu teori baru (Suko Waspodo).

            Disiplin ilmiah atau disiplin ilmu, yang disebut pula sebagai disiplin akademik atau bidang studi, adalah suatu cabang pengetahuan yang diajarkan atau diteliti di tingkat perguruan tinggi. Disiplin-disiplin ini didefinisikan dan diakui oleh jurnal akademik yang mempublikasikan riset pada suatu bidang serta masyarakat terpelajar dan departemen atau fakultas akademik yang menjadi tempat para praktisi di bidang tersebut. Masing-masing bidang studi biasanya memiliki beberapa subdisiplin atau cabang yang garis batas antara masing-masing bidang tersebut sering kali bersifat buatan dan ambigu.

Metodologi

A. Tempat, Waktu Penelitian

1. Tempat Penelitian

      Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al Kamil Depok, yang berlokasi di Jln. Markisa 6 RT 02 RW 03 Kota Depok. Sekolah SDIT Al Kamil Depok memiliki 15 kelas.

No.KelasJumlah Ruang KelasJumlah Peserta Didik
1I354
2II353
3III263
4IV370
5V260
6VI257
Jumlah 15357
Tabel 3.1. Jumlah Kelas dan Peserta Didik
2. Waktu Penelitian
  No  Jenis KegiatanBulan
Sep’23Okt’23Nov’23Des’23Jan’24
12341234123412341234
1Pengajuan Judul                   
2Bimbingan bab 1-2                   
3Bimbingan revisi bab 2                   
4Pengajuan pertanyaan untuk angket                   
5Pengajuan angket                   
6Revisi angket                   
7Menyebarkan angket                   
8Bimbingan rekapitulasi nilai angket                   
9Revisi rekap nilai angket                   
10Bimbingan revisi rekap penelitian nilai angket                   
11Penyusunan bab 3                   
12Penyusunan bab 4                   
13  Penyusunan bab 5                   
14Revisi dan penyusunan lampiran                   
Tabel 3.2. Alokasi Waktu Penelitian

B. Metode Penelitian

1. Jenis Penelitian

Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitaf. Badri (2012:13) menyatakan bahwa “Penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta dan karakteristik mengenai populasi atau mengenai bidang tertentu.”Sementara itu, menurut       Sugiono (2012:14) berpendapat bahwa metode penelitian kuantitatif adalah           metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Jadi, metode penelitian deskriptif kuantitatif dipilih, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar siswa kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil tahun pelajaran 2023/2024.

C. Alat dan Bahan Penelitian

  1. Kertas.
  2. Alat Tulis
  3. Komputer.
  4. Pertanyaan untuk membuat angket.
  5. Buku untuk mencari referensi

D. Populasi dan Sampel

Populasi target dalam penelitian ini adalah kelas VI SDIT Al Kamil tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 57. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas kelas VI Damaskus tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 28 orang.

E. Metode Pengumpulan Data

1. Sumber Data

Sumber data yang diambil dalam penelitian ini berasal dari sampel yang diambil sebanyak 28 orang. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa jenis data, yaitu:

  1. Studi kepustakaan
    Studi kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data teoritis melalui pengambilan bahan bacaan yang ada kaitannya dengan permasalahan yang sedang dibahas, diseleksi, dan diolah, kemudian dipakai sebagai sumber data penelitian ini.
  2. Angket atau Kuesioner
    Data ini diperoleh dengan cara memberikan angket kepada 28 siswa yang terdiri dari 10 pertanyaan dengan 3 pilihan jawaban.

F. Teknik Pengumpulan Data

Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik angket atau kuesioner.

Langkah-langkah yang dilakukan oleh penulis untuk mengumpulkan data adalah sebagai berikut:

  1. Siapkan pertanyaan untuk membuat angket.
  2. Buatlah kerangka angket dan masukkan pertanyaan yang sudah dibuat ke dalam angket.
  3. Print angket tersebut dan bagikan kepada responden.
  4. Kumpulkan angket dan rekap jawaban para responden di Ms.Word/Ms. Excel.
  5. Membuat diagram, di isi sesuai jawaban angket yang sudah di rekap.

Hasil dan Pembahasan

A. Gambaran Umum Objek Penelitian

Kelas VI SDIT Al Kamil terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VI Bukhara berjumlah 29 siswa dan kelas VI Damaskus berjumlah 28 siswa. Peneliti mengambil sampel di kelas VI Damaskus yang berjumlah 27 siswa, dengan daftar nama siswa sebagai berikut :

No.Nama Responder
1Abyan Rizki Adia
2Agnola Carresa Ufaira
3Aqeela Afranaya Ashaffi
4Aulia Mumtaza
5Cantika Putri Saputra
6Dewan Rahmat Shah
7Eldhia Syarafana
8Fahri Satria Zada
9Faiza Alya Annaila
10Ghulam Azfar Asy Syauqi
11Izyan Tammim Al Fawwaz
12Mahiib Zaahir Mumtaz
13Malika Nurfaiza Ramadhani
14Muhammad Rafi Alfatah
15Muhammad Fathurrahman
16Muhammad Uwais Alqorni
17Naufal Afkar Akhmad
18Neysa Quinnova Wibowo
19Rafif Putra Supriyanto
20Rakha Yusuf Anugrah Lesmono
21Rasyid Ramadhan Akyno
22Sasikirana Teslarubina Diwa
23Satryo Angger Radianto
24Talitha Shaafa Humaira
25Wafa Marwah Wafiqah
26Wafir Karim Al Ghazali
27Zaida Adawiyyah
Tabel 4.1 Daftar Nama Siswa

Pada penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Pelaksanaan penyebaran kuesioner dilaksanakan bertempat di kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil Sukatani pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.

B. Deskripsi Hasil Penelitian

Dari penyebaran kuesioner ke 27 sampel, maka hasil dari penelitian ini yaitu:

Nomor PertanyaanJawaban
Iya%Kadang Kadang%Tidak%
12593%27%00%
21141%1659%00%
3622%2178%00%
4415%1452%933%
51763%933%14%
6415%1763%622%
714%1659%1037%
82696%14%00%
91452%1244%14%
102489%311%00%
Tabel 4.2 Hasil Penelitian

            Berdasarkan data penelitian melalui penyebaran angket kepada 27 siswa yang terdiri dari 15 pertanyaan dengan 3 pilihan jawaban, didapatkan hasil sebagai berikut:

  • Terdapat 25 atau 93% siswa kelas VI Damaskus yang sudah mengetahui arti sikap disiplin, dan 2 atau 7% siswa kadang kadang/mungkimengetahui arti sikap disiplin.
  • Terdapat 11 atau 41% siswa kelas yang sudah bisa menaati aturan sekolah, dan 16 atau 59% siswa kadang kadang menaati aturan sekolah.
  • Terdapat 6 atau 22% siswa kelas yang sudah bijak mengatur waktu belajar, dan 21 atau 78% siswa kadang kadang bijak mengatur waktu belajar.
  • Terdapat 4 atau 15% siswa yang pernah menyontek saat ulangan/ujian, 14 atau 52% yang siswa kadang kadang menyontek saat ulangan/ujian, dan 9 atau 33% siswa yang tidak pernah menyontek saat ulangan/ujian.
  • Terdapat 17 atau 63% siswa yang selalu belajar sebelum ulangan/ujian, 9 atau 33% siswa yang kadang-kadang belajar sebelum ulangan/ujian, dan 1 atau 4% siswa yang tidak belajar sebelum ulangan/ujian.
  • Terdapat 4 atau 15% siswa yang sering izin keluar kelas pada saat kegiatan pembelajaran, 17 atau 63% siswa yang kadang-kadang sering izin keluar kelas pada saat kegiatan pembelajaran, dan 6 atau 22% siswa yang tidak sering izin keluar kelas pada saat kegiatan pembelajaran.
  • Terdapat 1 atau 4% siswa yang sering datang terlambat ke sekolah, 16 atau 59% siswa yang kadang-kadang terlambat ke sekolah, dan 10 atau 37% siswa yang tidak pernah terlambat ke sekolah.
  • Terdapat 26 atau 96% siswa yang menurutnya pelajaran IPA penting untuk dipelajari, dan 1 atau 4% siswa yang menurutnya pelajaran IPA mungkin penting untuk dipelajari.
  • Terdapat 14 atau 52% siswa yang sudah menerapkan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA, 12 atau 44% siswa yang kadang-kadang menerapkan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA, dan 1 atau 4% siswa masih belum menerapkan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA.
  • Terdapat 24 atau 89% siswa yang menurutnya sikap disiplin berpengaruh terhadap nilai IPA, 3 atau 11% siswa yang menurutnya sikap disiplin berpengaruh terhadap nilai IPA
NoNama SiswaNomor PertanyaanTotalSkorNilai Praktik IPA
12345678910
1Abyan Rizki Adia2212111212157585
2Agnola Carresa Ufaira2210111222147097
3Aqeela Afranaya Ashaffi2222221222199597
4Aulia Mumtaza2210121212147097
5Cantika Putri Saputra2112221212168090
6Dewan Rahmat Shah2111211222157597
7Eldhia Syarafana2111212222168097
8Fahri Satria Zada2112110222147095
9Faiza Alya Annaila2220211222168095
10Ghulam Azfar Asy Syauqi2221201212157597
11Izyan Tammim Al Fawwaz2112111212147090
12Mahiib Zaahir Mumtaz2111222212168097
13Malika Nurfaiza Ramadhani2111212212157597
14Muhammad Rafi Alfatah2111011221126097
15Muhammad Fathurrahman1111111222136597
16Muhammad Uwais Alqorni2111211222157597
17Naufal Afkar Akhmad1111112111115597
18Neysa Quinnova Wibowo2212212212178597
19Rafif Putra Supriyanto2122211222178597
20Rakha Yusuf Anugrah Lesmono2211201222157595
21Rasyid Ramadhan Akyno2212200222157590
22Sasikirana Teslarubina Diwa2111212212157597
23Satryo Angger Radianto22222222222010097
24Talitha Shaafa Humaira2211111222157585
25Wafa Marwah Wafiqah2111112212147095
26Wafir Karim Al Ghazali2221221211168095
27Zaida Adawiyyah2110102202115595
Tabel 4.3 Skor Sikap Disiplin dan Nilai Praktek IPA.

Berdasarkan tabel tersebut, sebagian besar yaitu 85% atau 23 siswa dari 27 siswa data tersebut menunjukkan adanya pengaruh antara sikap disiplin siswa dengan nilai praktek IPA.

B. Pengujian Hipotesis       

Menjawab hipotesis pada penelitian ini, didapatkan jawaban sebagai berikut: 

Sikap disiplin adalah sikap selalu mengerjakan/konsisten dalam mengerjakan sesuatu yang baik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat banyak siswa kelas VI Damaskus yang mengetahui pengetian dari sikap disiplin.

Contoh sikap disiplin adalah menaati aturan sekolah. Dikelas VI Damaskus sebagian besar siswa kadang-kadang menaati aturan sekolah, yaitu mengeluarkan baju pada hari Senin dan Rabu, jajan, dan lain lain. Sebagian besar siswa kelas VI Damaskus kadang-kadang bijak mengatur waktu belajar. Sebagian besar siswa kadang-kadang menyontek saat ulangan/ujian. Sebagian besar siswa selalu belajar sebelum ulangan/ujian. Sebagian besar siswa kadang-kadang sering izin keluar kelas pada saat kegiatan pembelajaran. Sebagian besar siswa kadang-kadang terlambat ke sekolah. Sebagian besar siswa yang menurutnya pelajaran IPA penting untuk di pelajari. Sebagian besar siswa yang sudah menerapkan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA. Dan sebagian besar siswa yang menurutnya sikap disiplin berpengaruh terhadap nilai IPA. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara sikap disiplin dengan nilai IPA.

Kesimpulan dan Saran

A. Simpulan

Berdasarkan hasil dari penelitian angket dan nilai praktek mata pelajaran IPA dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari sikap disiplin dalam penerapan metode ilmiah terhadap hasil belajar IPA kelas VI.

Sebagian besar siswa sudah memahami arti disiplin, dan menaati aturan sekolah, termasuk aturan kelas. Di dalam pembelajaran, masih terlihat siswa yang terkadang menaati aturan kelas termasuk aturan atau kesepakatan belajar. Hal ini terkihat dari sebagian siswa masih sering izin keluar kelas dengan alasan ingin bungair kecil atau mengisi minum. Alhamdulillah sebagian besar siswa sudah mereview pembelajaran sebelum ujian

B. Saran

Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diberikan, maka dapat diberikan beberapa saran yaitu sebagian berikut:

  1. Sekolah.
    Kontribusi dari pihak sekolah juga dibutuhkan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa berupa peraturan atau tata tertib sekolah.
  2. Guru
    Guru dapat selalu mengawasi dan memberikan edukasi lebih pada siswa, terutama siswa yang masih suka melanggar aturan terutama di dalam pembelajaran agar senantiasa menjaga lingkungan sekolah yang baik dan disiplin
  3. Orang Tua
    Dalam hal ini, diharapkan orang tua agar selalu mengawasi dan memberikan contoh yang baik kepada anak. Agar anak dapat membiasakan diri berlatih disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kegiatan di sekolah.
  4. Peserta Didik
    Peserta didik diharapkan untuk lebih disiplin dan selalu mematuhi aturan sekolah yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah termasuk di dalam pembelajaran.

Daftar Pustaka

https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/disiplin

https://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin

https://www.google.co.id/books/edition/Kiat_Sukses_Meningkatkan_Disiplin_Siswa/hBoDEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=deepublish+disiplin&printsec=frontcover

http://digilib.iainkendari.ac.id/890/3/BAB%20II.pdf

Lampiran

Lampiran 1

Dokumentasi Penelitian

Lampiran 2

ANGKET PENELITIAN

KARYA ILMIAH SIKAP DISIPLIN

SDIT AL KAMIL 2023/2024

Nama Responden        :

Kelas                           :

Hari, Tanggal              :

Beri tanda ceklis (✓) untuk menjawab pertanyaan dibawah ini :

NoPertanyaanYaKadang- KadangTidak
1Apakah kamu mengetahui arti disiplin?   
2Apakah kamu sudah menaati aturan sekolah?   
3Apakah kamu bijak dalam mengatur waktu belajar?   
4Apakah kamu pernah menyontek saat ulangan/ujian?   
5Apakah kamu selalu belajar sebelum ulangan/ujian?   
6Apakah kamu sering izin keluar kelas ketika sedang kegiatan pembelajaran?   
7Apakah kamu sering datang terlambat ke sekolah?   
8Menurutmu, apakah pelajaran IPA itu penting dipelajari?   
9Apakah kamu sudah menerapkan metode dan sikap ilmiah* dalam pembelajaran IPA?   
10Menurutmu, apakah sikap disiplin berpengaruh terhadap hasil belajar (nilai)?   

Ket :

Sikap Ilmiah adalah suatu sikap mampu menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar, bertindak dalam memecahkan suatu masalah secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah yang tidak mengenal putus asa serta dengan ketekunan juga keterbukaan. Contoh sikap ilmiah yaitu :

  • Sikap Ingin Tahu                     – Sikap Rela Menghargai Karya Orang Lain
  • Sikap Berpikir Kritis               – Sikap Berani Mempertahankan Kebenaran
  • Sikap Terbuka                         – Sikap Menjangkau Ke Depan
  • Sikap Objektif                        (Mempersiapkan diri untuk masa yang akan datang)

Lampiran 3

Skor Sikap Disiplin dan Hasil Belajar IPA

NoNama SiswaNomor PertanyaanTotalSkorNilai Praktik IPA
12345678910
1Abyan Rizki Adia2212111212157585
2Agnola Carresa Ufaira2210111222147097
3Aqeela Afranaya Ashaffi2222221222199597
4Aulia Mumtaza2210121212147097
5Cantika Putri Saputra2112221212168090
6Dewan Rahmat Shah2111211222157597
7Eldhia Syarafana2111212222168097
8Fahri Satria Zada2112110222147095
9Faiza Alya Annaila2220211222168095
10Ghulam Azfar Asy Syauqi2221201212157597
11Izyan Tammim Al Fawwaz2112111212147090
12Mahiib Zaahir Mumtaz2111222212168097
13Malika Nurfaiza Ramadhani2111212212157597
14Muhammad Rafi Alfatah2111011221126097
15Muhammad Fathurrahman1111111222136597
16Muhammad Uwais Alqorni2111211222157597
17Naufal Afkar Akhmad1111112111115597
18Neysa Quinnova Wibowo2212212212178597
19Rafif Putra Supriyanto2122211222178597
20Rakha Yusuf Anugrah Lesmono2211201222157595
21Rasyid Ramadhan Akyno2212200222157590
22Sasikirana Teslarubina Diwa2111212212157597
23Satryo Angger Radianto22222222222010097
24Talitha Shaafa Humaira2211111222157585
25Wafa Marwah Wafiqah2111112212147095
26Wafir Karim Al Ghazali2221221211168095
27Zaida Adawiyyah2110102202115595

Baca Juga Karya Tulis Lainnya

KONTAK

0851 7418 7548

info@al-kamil.sch.id

SOCIAL MEDIA

Organized by Humas Yayasan Cahaya Insan Mulya