Pendahuluan
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian, serta pelatihan. Pendidikan pada hakikatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan peserta didik di dalam dan di luar sekolah.
Dalam kegiatan pembelajaran kita membutuhkan sikap disiplin. Disiplin adalah sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang berlaku dan merupakan bentuk pertanggung jawaban diri. Sikap disiplin sangat dibutuhkan di setiap aktivitas kita, baik di lingkungan rumah, sekolah, maupun masyarakat. Sikap disiplin sangat dibutuhkan sebab merupakan adab siswa dalam pembelajaran. Jika siswa tidak disiplin maka tidak fokus dan tidak paham akan materi pelajaran
Faktanya, sebagian siswa di SDIT AL Kamil yang saya amati, terutama di kelas VI belum mencerminkankan sikap disiplin. Hal ini dapat terlihat dari mengeluarkan baju di hari Senin dan Rabu, berkata kasar, jajan sepulang sekolah, bullying, dan sebagainya. Dalam pembelajaran, sikap belum disiplin dalam menyimak penjelasan guru, mengumpulkan PR serta tugas-tugas masih terlihat.
Berdasarkan hal tersebut, penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai sikap disiplin yang berjudul “Pengaruh Sikap Disiplin Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil”
B. Rumusan Masalah
Rumusan masalah berdasarkan latar belakang diatas, yaitu :
- Apa yang dimaksud pendidikan?
- Apa yang dimaksud sikap disiplin?
- Apa saja perilaku sikap tidak disiplin?
- Apakah sikap disiplin berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil?
C. Hipotesis
Berdasarkan rumusan masalah di atas, hipotesis penetilian ini adalah :
- Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui pengajaran, penelitian, serta pelatihan.
- Disiplin adalah sikap taat dan patuh terhadap peraturan yang merupakan tanggung jawab diri sendiri.
- Tidak menyimak penjelasan guru, tidak mengerjakan tugas sesuai arahan
- Mungkin, sikap disiplin berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa
D. Tujuan Penelitian
Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah, tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Untuk mengetahui hal-hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kedisiplinan)
- Untuk mengetahui pengaruh sikap disiplin
- Untuk mengetahui dampak negatif dari sikap tidak disiplin
- Untuk mengetahui pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar IPA siswa kelas VI Damaskus
E. Manfaat Penelitian
Manfaat dari penelitian ini adalah sebagai berikut :
- Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi penulis untuk menjelaskan tentang pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar IPA siswa
- Mengimplementasikan ilmu dan teori yang sudah didapat selama bersekolah di SDIT Al Kamil
- Hasil penelitian diharapkan berguna untuk proses pembelajaran siswa-siswa Sekolah Dasar
Kajian Pustaka
A. Pengertian Sikap Disiplin
Menurut Agustin Sukses Dakhi, Kata “disiplin” berasal dari bahasa Latin “discipline” yang berarti latihan atau pendidikan kesopanan dan kerohanian serta pengembangan tabiat. (Deepublish, 2020)
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, disiplin adalah tata tertib, ketaatan atau kepatuhan pada peraturan tata tertib (KBBI, 2014).
Menurut Depdiknas, disiplin atau tertib ialah suatu sikap konsisten dalam melakukan sesuatu, menurut pandangan ini disiplin sebagai sikap yang taat terhadap sesuatu yang menjadi kesepakatan atau telah menjadi ketentuan (Depdiknas, 2001)
Menurut Toto Asmara, Sikap disiplin adalah kecenderungan bertindak, berpersepsi, berpikir, dan merasa dalam keberadaan individu di tengah-tengah norma-norma yang ada di lingkungannya. Sikap disiplin belum menjadi perilaku, tetapi baru dalam bentuk tendensi atau kecenderungan berperilaku dengan cara tertentu terhadap objek tertentu apakah berupa orang, tempat, benda, gagasan, situasi, dan lain-lain (Gema Insani, 2001).
Berdasarkan pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa sikap disiplin adalah sikap sopan (adab), dan taat atau patuh terhadap peraturan tata tertib yang berlaku di lingkungannya, baik di rumah, sekolah, maupun masyarakat.
B. Pengertian Hasil Belajar
Hasil belajar adalah kemampuan siswa yang diperoleh setelah kegiatan belajar (Nugraha, 2020). Hasil belajar adalah kompetensi atau kemampuan tertentu yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar dan meliputi keterampilan kognitif, afektif, maupun psikomotor (Wulandari, 2021).
Pendapat dari Mustakim (2020) hasil belajar adalah segala sesuatu yang dicapai oleh peserta didik dengan penilaian tertentu yang sudah ditetapkan oleh kurikulum lembaga pendidikan sebelumnya. Dari beberapa pendapat diatas hasil belajar dapat diartikan sebagai hasil dari proses belajar mengajar baik kognitif, afektif, maupun psikomotor dengan penilaian yang sesuai dengan kurikulum pembelajaran lembaga pendidikan.
Hasil belajar berkaitan dengan perubahan pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku dalam diri seseorang akibat pembelajaran yang dilakukanya, perubahan yang disebabkan oleh pertumbuhan bukan termasuk kedalam hasil belajar (Lestari, 2012).
Menurut Sudjana, 2005 dalam (Firmansyah, 2015) hasil belajar merupakan perubahan yang dimiliki oleh seseorang setelah melalui proses belajarnya.
Berdasarkan pendapat di atas, hasil belajar adalah perubahan kemampuan siswa yang diperoleh setelah kegiatan belajar. Hasil belajar berkaitan dengan perubahan pengetahuan, pemahaman sikap dari tingkah laku dalam diri seseorang dan hasil belajar akan terlihat dari perubahan pemahaman dan sikap siswa ke arah yang lebih baik.
C. Pengertian IPA
Wahyana (Trianto, 2010: 136) mengatakan bahwa IPA adalah suatu kumpulan pengetahuan tersusun secara sistematik, dan dalam penggunaannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam. Perkembangannya tidak hanya ditandai oleh adanya kumpulan fakta, tetapi oleh adanya metode ilmiah dan sikap ilmiah.
Definisi IPA menurut Trianto (2014: 136) yaitu adalah suatu kumpulan teori yang sistematis, penerapannya secara umum terbatas pada gejala-gejala alam.
IPA merupakan cabang ilmu yang fokus kajiannya adalah alam dan proses-proses yang ada didalamnya (Ina Ftriyana, 2010 : 11). Pembelajaran IPA merupakan studi tentang manusia atau studi tentang masalah-masalah bagaimana manusia mengembangkan satu kehidupan yang lebih baik
Berdasarkan pendapat di atas, IPA adalah salah satu mata pelajaran yang berkaitan dengan gejala-gejala alam yang ditandai dengan adanya fakta, penggunaan metode ilmiah dan sikap ilmiah. Sikap Ilmiah adalah suatu sikap mampu menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar, bertindak dalam memecahkan suatu masalah secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah yang tidak mengenal putus asa serta dengan ketekunan juga keterbukaan. Contoh sikap ilmiah yaitu :
- Sikap Ingin Tahu
Sikap ingin tahu diwujudkan dengan selalu bertanya-tanya tentang berbagai hal. Mengapa demikian? Apa saja unsur-unsurnya? Bagaimana kalau diganti dengan komponen yang lain? Dan seterusnya (Suko Waspodo). - Sikap Kritis
Sikap kritis direalisasikan dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya, baik dengan jalan bertanya kepada siapa saja yang diperkirakan mengetahui masalah maupun dengan membaca sebelum menentukan pendapat untuk ditulis (Suko Waspodo). - Sikap Terbuka
Sikap terbuka dinyatakan dengan selalu bersedia mendengarkan keterangan dan argumentasi orang lain (Suko Waspodo). - Sikap Objektif
Sikap objektif diperlihatkan dengan cara menyatakan apa adanya, tanpa dibarengi perasaan pribadi (Suko Waspodo). - Sikap Rela Menghargai Karya Orang Lain
Sikap rela menghargai karya orang lain diwujudkan dengan mengutip dan menyatakan terima kasih atas karangan orang lain, dan menganggapnya sebagai karya yang orisinal milik pengarangnya (Suko Wapodo). - Sikap Berani Mempertahankan Kebenaran
Sikap berani mempertahankan kebenaran diwujudkan dengan membela fakta atas hasil penelitiannya (Suko Waspodo). - Sikap Menjangkau Ke Depan
Sikap menjangkau ke depan dibuktikan dengan sikap futuristic, yaitu berpandangan jauh, mampu membuat hipotesis dan membuktikannya dan bahkan mampu menyusun suatu teori baru (Suko Waspodo).
Disiplin ilmiah atau disiplin ilmu, yang disebut pula sebagai disiplin akademik atau bidang studi, adalah suatu cabang pengetahuan yang diajarkan atau diteliti di tingkat perguruan tinggi. Disiplin-disiplin ini didefinisikan dan diakui oleh jurnal akademik yang mempublikasikan riset pada suatu bidang serta masyarakat terpelajar dan departemen atau fakultas akademik yang menjadi tempat para praktisi di bidang tersebut. Masing-masing bidang studi biasanya memiliki beberapa subdisiplin atau cabang yang garis batas antara masing-masing bidang tersebut sering kali bersifat buatan dan ambigu.
Metodologi
A. Tempat, Waktu Penelitian
1. Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan di SDIT Al Kamil Depok, yang berlokasi di Jln. Markisa 6 RT 02 RW 03 Kota Depok. Sekolah SDIT Al Kamil Depok memiliki 15 kelas.
| No. | Kelas | Jumlah Ruang Kelas | Jumlah Peserta Didik |
| 1 | I | 3 | 54 |
| 2 | II | 3 | 53 |
| 3 | III | 2 | 63 |
| 4 | IV | 3 | 70 |
| 5 | V | 2 | 60 |
| 6 | VI | 2 | 57 |
| Jumlah | 15 | 357 |
2. Waktu Penelitian
| No | Jenis Kegiatan | Bulan | |||||||||||||||||||
| Sep’23 | Okt’23 | Nov’23 | Des’23 | Jan’24 | |||||||||||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
| 1 | Pengajuan Judul | ✓ | |||||||||||||||||||
| 2 | Bimbingan bab 1-2 | ✓ | |||||||||||||||||||
| 3 | Bimbingan revisi bab 2 | ✓ | |||||||||||||||||||
| 4 | Pengajuan pertanyaan untuk angket | ✓ | |||||||||||||||||||
| 5 | Pengajuan angket | ✓ | |||||||||||||||||||
| 6 | Revisi angket | ✓ | |||||||||||||||||||
| 7 | Menyebarkan angket | ✓ | |||||||||||||||||||
| 8 | Bimbingan rekapitulasi nilai angket | ✓ | |||||||||||||||||||
| 9 | Revisi rekap nilai angket | ✓ | |||||||||||||||||||
| 10 | Bimbingan revisi rekap penelitian nilai angket | ✓ | |||||||||||||||||||
| 11 | Penyusunan bab 3 | ✓ | |||||||||||||||||||
| 12 | Penyusunan bab 4 | ✓ | |||||||||||||||||||
| 13 | Penyusunan bab 5 | ✓ | |||||||||||||||||||
| 14 | Revisi dan penyusunan lampiran | ✓ | |||||||||||||||||||
B. Metode Penelitian
1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitaf. Badri (2012:13) menyatakan bahwa “Penelitian deskriptif bertujuan menggambarkan secara sistematik dan akurat fakta dan karakteristik mengenai populasi atau mengenai bidang tertentu.”Sementara itu, menurut Sugiono (2012:14) berpendapat bahwa metode penelitian kuantitatif adalah metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, teknik pengambilan sampel pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Jadi, metode penelitian deskriptif kuantitatif dipilih, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sikap disiplin terhadap hasil belajar siswa kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil tahun pelajaran 2023/2024.
C. Alat dan Bahan Penelitian
- Kertas.
- Alat Tulis
- Komputer.
- Pertanyaan untuk membuat angket.
- Buku untuk mencari referensi
D. Populasi dan Sampel
Populasi target dalam penelitian ini adalah kelas VI SDIT Al Kamil tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 57. Sedangkan populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas kelas VI Damaskus tahun ajaran 2023/2024. Dalam penelitian ini diambil sampel sebanyak 28 orang.
E. Metode Pengumpulan Data
1. Sumber Data
Sumber data yang diambil dalam penelitian ini berasal dari sampel yang diambil sebanyak 28 orang. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa jenis data, yaitu:
- Studi kepustakaan
Studi kepustakaan dilakukan untuk memperoleh data teoritis melalui pengambilan bahan bacaan yang ada kaitannya dengan permasalahan yang sedang dibahas, diseleksi, dan diolah, kemudian dipakai sebagai sumber data penelitian ini. - Angket atau Kuesioner
Data ini diperoleh dengan cara memberikan angket kepada 28 siswa yang terdiri dari 10 pertanyaan dengan 3 pilihan jawaban.
F. Teknik Pengumpulan Data
Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik angket atau kuesioner.
Langkah-langkah yang dilakukan oleh penulis untuk mengumpulkan data adalah sebagai berikut:
- Siapkan pertanyaan untuk membuat angket.
- Buatlah kerangka angket dan masukkan pertanyaan yang sudah dibuat ke dalam angket.
- Print angket tersebut dan bagikan kepada responden.
- Kumpulkan angket dan rekap jawaban para responden di Ms.Word/Ms. Excel.
- Membuat diagram, di isi sesuai jawaban angket yang sudah di rekap.
Hasil dan Pembahasan
A. Gambaran Umum Objek Penelitian
Kelas VI SDIT Al Kamil terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VI Bukhara berjumlah 29 siswa dan kelas VI Damaskus berjumlah 28 siswa. Peneliti mengambil sampel di kelas VI Damaskus yang berjumlah 27 siswa, dengan daftar nama siswa sebagai berikut :
| No. | Nama Responder |
| 1 | Abyan Rizki Adia |
| 2 | Agnola Carresa Ufaira |
| 3 | Aqeela Afranaya Ashaffi |
| 4 | Aulia Mumtaza |
| 5 | Cantika Putri Saputra |
| 6 | Dewan Rahmat Shah |
| 7 | Eldhia Syarafana |
| 8 | Fahri Satria Zada |
| 9 | Faiza Alya Annaila |
| 10 | Ghulam Azfar Asy Syauqi |
| 11 | Izyan Tammim Al Fawwaz |
| 12 | Mahiib Zaahir Mumtaz |
| 13 | Malika Nurfaiza Ramadhani |
| 14 | Muhammad Rafi Alfatah |
| 15 | Muhammad Fathurrahman |
| 16 | Muhammad Uwais Alqorni |
| 17 | Naufal Afkar Akhmad |
| 18 | Neysa Quinnova Wibowo |
| 19 | Rafif Putra Supriyanto |
| 20 | Rakha Yusuf Anugrah Lesmono |
| 21 | Rasyid Ramadhan Akyno |
| 22 | Sasikirana Teslarubina Diwa |
| 23 | Satryo Angger Radianto |
| 24 | Talitha Shaafa Humaira |
| 25 | Wafa Marwah Wafiqah |
| 26 | Wafir Karim Al Ghazali |
| 27 | Zaida Adawiyyah |
Pada penelitian ini metodologi penelitian yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Pelaksanaan penyebaran kuesioner dilaksanakan bertempat di kelas VI Damaskus SDIT Al Kamil Sukatani pada hari Rabu, 25 Oktober 2023.
B. Deskripsi Hasil Penelitian
Dari penyebaran kuesioner ke 27 sampel, maka hasil dari penelitian ini yaitu:
| Nomor Pertanyaan | Jawaban | |||||
| Iya | % | Kadang Kadang | % | Tidak | % | |
| 1 | 25 | 93% | 2 | 7% | 0 | 0% |
| 2 | 11 | 41% | 16 | 59% | 0 | 0% |
| 3 | 6 | 22% | 21 | 78% | 0 | 0% |
| 4 | 4 | 15% | 14 | 52% | 9 | 33% |
| 5 | 17 | 63% | 9 | 33% | 1 | 4% |
| 6 | 4 | 15% | 17 | 63% | 6 | 22% |
| 7 | 1 | 4% | 16 | 59% | 10 | 37% |
| 8 | 26 | 96% | 1 | 4% | 0 | 0% |
| 9 | 14 | 52% | 12 | 44% | 1 | 4% |
| 10 | 24 | 89% | 3 | 11% | 0 | 0% |
Berdasarkan data penelitian melalui penyebaran angket kepada 27 siswa yang terdiri dari 15 pertanyaan dengan 3 pilihan jawaban, didapatkan hasil sebagai berikut:
- Terdapat 25 atau 93% siswa kelas VI Damaskus yang sudah mengetahui arti sikap disiplin, dan 2 atau 7% siswa kadang kadang/mungkimengetahui arti sikap disiplin.
- Terdapat 11 atau 41% siswa kelas yang sudah bisa menaati aturan sekolah, dan 16 atau 59% siswa kadang kadang menaati aturan sekolah.
- Terdapat 6 atau 22% siswa kelas yang sudah bijak mengatur waktu belajar, dan 21 atau 78% siswa kadang kadang bijak mengatur waktu belajar.
- Terdapat 4 atau 15% siswa yang pernah menyontek saat ulangan/ujian, 14 atau 52% yang siswa kadang kadang menyontek saat ulangan/ujian, dan 9 atau 33% siswa yang tidak pernah menyontek saat ulangan/ujian.
- Terdapat 17 atau 63% siswa yang selalu belajar sebelum ulangan/ujian, 9 atau 33% siswa yang kadang-kadang belajar sebelum ulangan/ujian, dan 1 atau 4% siswa yang tidak belajar sebelum ulangan/ujian.
- Terdapat 4 atau 15% siswa yang sering izin keluar kelas pada saat kegiatan pembelajaran, 17 atau 63% siswa yang kadang-kadang sering izin keluar kelas pada saat kegiatan pembelajaran, dan 6 atau 22% siswa yang tidak sering izin keluar kelas pada saat kegiatan pembelajaran.
- Terdapat 1 atau 4% siswa yang sering datang terlambat ke sekolah, 16 atau 59% siswa yang kadang-kadang terlambat ke sekolah, dan 10 atau 37% siswa yang tidak pernah terlambat ke sekolah.
- Terdapat 26 atau 96% siswa yang menurutnya pelajaran IPA penting untuk dipelajari, dan 1 atau 4% siswa yang menurutnya pelajaran IPA mungkin penting untuk dipelajari.
- Terdapat 14 atau 52% siswa yang sudah menerapkan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA, 12 atau 44% siswa yang kadang-kadang menerapkan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA, dan 1 atau 4% siswa masih belum menerapkan sikap ilmiah pada pembelajaran IPA.
- Terdapat 24 atau 89% siswa yang menurutnya sikap disiplin berpengaruh terhadap nilai IPA, 3 atau 11% siswa yang menurutnya sikap disiplin berpengaruh terhadap nilai IPA
| No | Nama Siswa | Nomor Pertanyaan | Total | Skor | Nilai Praktik IPA | |||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||||
| 1 | Abyan Rizki Adia | 2 | 2 | 1 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 15 | 75 | 85 |
| 2 | Agnola Carresa Ufaira | 2 | 2 | 1 | 0 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 14 | 70 | 97 |
| 3 | Aqeela Afranaya Ashaffi | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 | 19 | 95 | 97 |
| 4 | Aulia Mumtaza | 2 | 2 | 1 | 0 | 1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | 14 | 70 | 97 |
| 5 | Cantika Putri Saputra | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | 16 | 80 | 90 |
| 6 | Dewan Rahmat Shah | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 7 | Eldhia Syarafana | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 | 2 | 16 | 80 | 97 |
| 8 | Fahri Satria Zada | 2 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 0 | 2 | 2 | 2 | 14 | 70 | 95 |
| 9 | Faiza Alya Annaila | 2 | 2 | 2 | 0 | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 16 | 80 | 95 |
| 10 | Ghulam Azfar Asy Syauqi | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | 1 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 11 | Izyan Tammim Al Fawwaz | 2 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 14 | 70 | 90 |
| 12 | Mahiib Zaahir Mumtaz | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 16 | 80 | 97 |
| 13 | Malika Nurfaiza Ramadhani | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 14 | Muhammad Rafi Alfatah | 2 | 1 | 1 | 1 | 0 | 1 | 1 | 2 | 2 | 1 | 12 | 60 | 97 |
| 15 | Muhammad Fathurrahman | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 13 | 65 | 97 |
| 16 | Muhammad Uwais Alqorni | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 17 | Naufal Afkar Akhmad | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 1 | 11 | 55 | 97 |
| 18 | Neysa Quinnova Wibowo | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 17 | 85 | 97 |
| 19 | Rafif Putra Supriyanto | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 17 | 85 | 97 |
| 20 | Rakha Yusuf Anugrah Lesmono | 2 | 2 | 1 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 95 |
| 21 | Rasyid Ramadhan Akyno | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 0 | 0 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 90 |
| 22 | Sasikirana Teslarubina Diwa | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 23 | Satryo Angger Radianto | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 20 | 100 | 97 |
| 24 | Talitha Shaafa Humaira | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 85 |
| 25 | Wafa Marwah Wafiqah | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 14 | 70 | 95 |
| 26 | Wafir Karim Al Ghazali | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 1 | 1 | 16 | 80 | 95 |
| 27 | Zaida Adawiyyah | 2 | 1 | 1 | 0 | 1 | 0 | 2 | 2 | 0 | 2 | 11 | 55 | 95 |
Berdasarkan tabel tersebut, sebagian besar yaitu 85% atau 23 siswa dari 27 siswa data tersebut menunjukkan adanya pengaruh antara sikap disiplin siswa dengan nilai praktek IPA.
B. Pengujian Hipotesis
Menjawab hipotesis pada penelitian ini, didapatkan jawaban sebagai berikut:
Sikap disiplin adalah sikap selalu mengerjakan/konsisten dalam mengerjakan sesuatu yang baik. Berdasarkan hasil penelitian terdapat banyak siswa kelas VI Damaskus yang mengetahui pengetian dari sikap disiplin.
Contoh sikap disiplin adalah menaati aturan sekolah. Dikelas VI Damaskus sebagian besar siswa kadang-kadang menaati aturan sekolah, yaitu mengeluarkan baju pada hari Senin dan Rabu, jajan, dan lain lain. Sebagian besar siswa kelas VI Damaskus kadang-kadang bijak mengatur waktu belajar. Sebagian besar siswa kadang-kadang menyontek saat ulangan/ujian. Sebagian besar siswa selalu belajar sebelum ulangan/ujian. Sebagian besar siswa kadang-kadang sering izin keluar kelas pada saat kegiatan pembelajaran. Sebagian besar siswa kadang-kadang terlambat ke sekolah. Sebagian besar siswa yang menurutnya pelajaran IPA penting untuk di pelajari. Sebagian besar siswa yang sudah menerapkan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA. Dan sebagian besar siswa yang menurutnya sikap disiplin berpengaruh terhadap nilai IPA. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan terdapat pengaruh antara sikap disiplin dengan nilai IPA.
Kesimpulan dan Saran
A. Simpulan
Berdasarkan hasil dari penelitian angket dan nilai praktek mata pelajaran IPA dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh dari sikap disiplin dalam penerapan metode ilmiah terhadap hasil belajar IPA kelas VI.
Sebagian besar siswa sudah memahami arti disiplin, dan menaati aturan sekolah, termasuk aturan kelas. Di dalam pembelajaran, masih terlihat siswa yang terkadang menaati aturan kelas termasuk aturan atau kesepakatan belajar. Hal ini terkihat dari sebagian siswa masih sering izin keluar kelas dengan alasan ingin bungair kecil atau mengisi minum. Alhamdulillah sebagian besar siswa sudah mereview pembelajaran sebelum ujian
B. Saran
Berdasarkan hasil pembahasan dan kesimpulan yang telah diberikan, maka dapat diberikan beberapa saran yaitu sebagian berikut:
- Sekolah.
Kontribusi dari pihak sekolah juga dibutuhkan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa berupa peraturan atau tata tertib sekolah. - Guru
Guru dapat selalu mengawasi dan memberikan edukasi lebih pada siswa, terutama siswa yang masih suka melanggar aturan terutama di dalam pembelajaran agar senantiasa menjaga lingkungan sekolah yang baik dan disiplin - Orang Tua
Dalam hal ini, diharapkan orang tua agar selalu mengawasi dan memberikan contoh yang baik kepada anak. Agar anak dapat membiasakan diri berlatih disiplin dan bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk kegiatan di sekolah. - Peserta Didik
Peserta didik diharapkan untuk lebih disiplin dan selalu mematuhi aturan sekolah yang sudah ditetapkan oleh pihak sekolah termasuk di dalam pembelajaran.
Daftar Pustaka
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/disiplin
https://id.wikipedia.org/wiki/Disiplin
https://www.google.co.id/books/edition/Kiat_Sukses_Meningkatkan_Disiplin_Siswa/hBoDEAAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=deepublish+disiplin&printsec=frontcover
http://digilib.iainkendari.ac.id/890/3/BAB%20II.pdf
Lampiran
Lampiran 1
Dokumentasi Penelitian




Lampiran 2
ANGKET PENELITIAN
KARYA ILMIAH SIKAP DISIPLIN
SDIT AL KAMIL 2023/2024
Nama Responden :
Kelas :
Hari, Tanggal :
Beri tanda ceklis (✓) untuk menjawab pertanyaan dibawah ini :
| No | Pertanyaan | Ya | Kadang- Kadang | Tidak |
| 1 | Apakah kamu mengetahui arti disiplin? | |||
| 2 | Apakah kamu sudah menaati aturan sekolah? | |||
| 3 | Apakah kamu bijak dalam mengatur waktu belajar? | |||
| 4 | Apakah kamu pernah menyontek saat ulangan/ujian? | |||
| 5 | Apakah kamu selalu belajar sebelum ulangan/ujian? | |||
| 6 | Apakah kamu sering izin keluar kelas ketika sedang kegiatan pembelajaran? | |||
| 7 | Apakah kamu sering datang terlambat ke sekolah? | |||
| 8 | Menurutmu, apakah pelajaran IPA itu penting dipelajari? | |||
| 9 | Apakah kamu sudah menerapkan metode dan sikap ilmiah* dalam pembelajaran IPA? | |||
| 10 | Menurutmu, apakah sikap disiplin berpengaruh terhadap hasil belajar (nilai)? |
Ket :
Sikap Ilmiah adalah suatu sikap mampu menerima pendapat orang lain dengan baik dan benar, bertindak dalam memecahkan suatu masalah secara sistematis melalui langkah-langkah ilmiah yang tidak mengenal putus asa serta dengan ketekunan juga keterbukaan. Contoh sikap ilmiah yaitu :
- Sikap Ingin Tahu – Sikap Rela Menghargai Karya Orang Lain
- Sikap Berpikir Kritis – Sikap Berani Mempertahankan Kebenaran
- Sikap Terbuka – Sikap Menjangkau Ke Depan
- Sikap Objektif (Mempersiapkan diri untuk masa yang akan datang)
Lampiran 3
Skor Sikap Disiplin dan Hasil Belajar IPA
| No | Nama Siswa | Nomor Pertanyaan | Total | Skor | Nilai Praktik IPA | |||||||||
| 1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | 7 | 8 | 9 | 10 | |||||
| 1 | Abyan Rizki Adia | 2 | 2 | 1 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 15 | 75 | 85 |
| 2 | Agnola Carresa Ufaira | 2 | 2 | 1 | 0 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 14 | 70 | 97 |
| 3 | Aqeela Afranaya Ashaffi | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 | 19 | 95 | 97 |
| 4 | Aulia Mumtaza | 2 | 2 | 1 | 0 | 1 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | 14 | 70 | 97 |
| 5 | Cantika Putri Saputra | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 1 | 2 | 16 | 80 | 90 |
| 6 | Dewan Rahmat Shah | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 7 | Eldhia Syarafana | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 | 2 | 16 | 80 | 97 |
| 8 | Fahri Satria Zada | 2 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 0 | 2 | 2 | 2 | 14 | 70 | 95 |
| 9 | Faiza Alya Annaila | 2 | 2 | 2 | 0 | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 16 | 80 | 95 |
| 10 | Ghulam Azfar Asy Syauqi | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | 1 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 11 | Izyan Tammim Al Fawwaz | 2 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 14 | 70 | 90 |
| 12 | Mahiib Zaahir Mumtaz | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 16 | 80 | 97 |
| 13 | Malika Nurfaiza Ramadhani | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 14 | Muhammad Rafi Alfatah | 2 | 1 | 1 | 1 | 0 | 1 | 1 | 2 | 2 | 1 | 12 | 60 | 97 |
| 15 | Muhammad Fathurrahman | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 13 | 65 | 97 |
| 16 | Muhammad Uwais Alqorni | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 17 | Naufal Afkar Akhmad | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 1 | 1 | 11 | 55 | 97 |
| 18 | Neysa Quinnova Wibowo | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 17 | 85 | 97 |
| 19 | Rafif Putra Supriyanto | 2 | 1 | 2 | 2 | 2 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 17 | 85 | 97 |
| 20 | Rakha Yusuf Anugrah Lesmono | 2 | 2 | 1 | 1 | 2 | 0 | 1 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 95 |
| 21 | Rasyid Ramadhan Akyno | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 0 | 0 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 90 |
| 22 | Sasikirana Teslarubina Diwa | 2 | 1 | 1 | 1 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 15 | 75 | 97 |
| 23 | Satryo Angger Radianto | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 2 | 20 | 100 | 97 |
| 24 | Talitha Shaafa Humaira | 2 | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 2 | 15 | 75 | 85 |
| 25 | Wafa Marwah Wafiqah | 2 | 1 | 1 | 1 | 1 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 14 | 70 | 95 |
| 26 | Wafir Karim Al Ghazali | 2 | 2 | 2 | 1 | 2 | 2 | 1 | 2 | 1 | 1 | 16 | 80 | 95 |
| 27 | Zaida Adawiyyah | 2 | 1 | 1 | 0 | 1 | 0 | 2 | 2 | 0 | 2 | 11 | 55 | 95 |